10 Pantai Terindah di Jogja yang Menjadi Destinasi Wajib

1. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti atau disebut juga Pantai Pulang Sawal dengan hamparan pasir putihnya yang membentang dari timur ke barat. Pantai Indrayanti termasuk jenis pantai yang sangat bersih dan tersedia beragam fasilitas umum yang lengkap cukup lengkap, seperti watersport, penginapan, dan gazebo yang dapat dimanfaatkan oeh pengunjung untuk bersantai. Pantai Indrayanti terletak masih satu lokasi dengan Pantai Sundak, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Jogjakarta. 


Perlu diperhatikan bahwa para wisatawan harus mematuhi peraturan untuk membuang sampah pada tong  sampah yang sudah tersedia disekitar area pantai tersebut. Jika Anda tidak mematuhi peraturan tersebut maka pihak pengelola wisata Pantai Indrayanti akan memberlakukan denda pada para wisatawan yang membuang sampah sembarangan.

2. Pantai Pok Tunggal

Untuk menuju lokasi Pantai Pok Tunggal ditempuh dengan melewati jalan yang berliku dan cukup sempit. Pantai Pok Tunggal ini menyajikan keindahan pemandangan perbukitan karang yang mengelilingi pantai. Pantai Pok Tunggal terletak di Kecamatan Tepus, Gunungkidul. Pantai Pok Tunggal ini masih terbilang cukup alami dan tidak begitu banyak wisatawan yang berkunjung ke kawasan Pantai Pok Tunggal yang masih satu area dengan Pantai Indrayanti dan Pantai Siung.
Selain itu lokasi dari Pantai Pok Tunggal juga bersebelahan dengan Pantai Seruni, dan Pantai Watu Lawang. Terdapat satu hal yang menjadi ciri khas dari Pantai Pok Tunggal ini dimana terdapatsatu pohon yang berdiri tegak dibagian tengah hamparan pasir pantai. Para wisatawan juga bisa menyewa payung pantai dengan harga sekitar Rp 20.000 untuk bersantai di pesisir pantai, dan juga bisa menyewa tenda dome seharga Rp 60.000 untuk berkemah.

3. Pantai Ngobaran

Lokasi Pantai Ngobaran ini masih satu kawasan dengan Pantai Ngerenahan  yang hanya berjarak sekitar 2 km. Pantai Ngobaran ini memiliki suasana pantai yang seperti ada di Bali. Hal ini dikarenakan di kawasan Pantai Ngobaran terdapat Pura Hindu dan juga ada tempat untuk melakukan sembahyang bagi masyarakat adat Jawa Kejawen (kepercayaan Kejawen). Selain itu juga terdapat mushola kecil dengan berlantai pasir yang menghadap ke arah selatan.

Bahkan mihrabnya terbuka dengan pandangan langsung ke arah laut. Di dalam mushola juga sudah terdapat pejuntuh arah kiblat untuk mempermudah umat beragama Islam yang akan menjalankan ibadah sholat di mushola tersebut. Para pengunjung Pantai Ngobaran juga bisa mencoba makanan kuliner landak laut goreng khas dari Pantai Ngobaran, namun Anda harus memesan terlebih dahulu ke penduduk setempat.

4. Pantai Siung

Pantai yang satu ini punya nama yang unik, hal ini dikarenakan terdapat sebuah karang yang menjorok ke laut dan mirip dengan Siung Wanara atau gigi taring kera, dari situlah nama Pantai Siung berasal. Pantai Siung ini merupakan salah satu pantai yang dikelilingi oleh deretan tebing yang curam, dimana termasuk spot terbaik untuk melakukan olahraga panjat tebing. Bahkan dari atas bukit, dapat melihat panorama pantai yang sangat mempesona. Di area Pantai Siung ini terdapat kira – kira 250 jalur untuk panjat tebing dan lokasi dari pantai ini berada di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.
pantai terindah di jogja, pantai di jogja 2017, pantai di jogja, pantai yogyakarta 2017, pantai indah di jogja, pantai jogja, pantai jogja 2017, pantai di yogyakarta 2017, wisata pantai di jogja 2017, pantai jogja terbaru, pantai indah di jogja 2017, pantai terindah di jogja 2017, pantai jogja terindah, pantai terindah dijogja, pantai yogyakarta, pantai tercantik di jogja, pantai terbaru di jogja 2017, Pantai terindah di j, pantai indah jogja, pantai indah di yogyakarta, destinasi wisata pantai jogja 2017, pantai favorit di jogja, pantai tercantik di yogyakarta, pantai di yogyakarta, pantai terbaik yogyakarta, pantai terbaik di jogja, pantai terbagus di jogja, pantai paling indah di yogyakarta, wisata pantai terbaik di, pantai indah yogya

5. Pantai Sundak

Pantai Sundak  sendiri diambil dari singkatan Asu Landak. Menurut legenda atau cerita masyarakat pada sekitar tahun 1970-an terjadi perkelahian sengit antara seekor anjing dan landak laut di sebuah goa dan perkelahian tersebut dimenangkan oleh anjing dengan cara memakan si landak laut tersebut. Sang pemilik anjing bernama Arjasangku mencari anjingnya yang ada di dalam goa dan menemukannya tengah memakan landak laut. Hal yang membuat aneh, badan anjing tersebut basah kuyup.

Sehingga pada akhirnya Arjasangku mengajak warga sekitar untuk memeriksa goa tersebut dan ditemukanlah sumber mata air bersih yang menjadi sumber penghidupan bagi warga sekitar. Sejak saat itu, untuk mengenang ditemukannya sumber air yang ada di dalam goa tersebut, dinamai dengan Pantai Sundak. Pantai Sundak selain menyimpan cerita legenda yang unik, juga memiliki keindahan pantai yang mempesona serta juga terdapat berbagai fasilitas lengkap di sekitar kawasan pantai tersebut.

6. Pantai Wediombo

Pantai Wedi Ombo terletak di ujung timur-selatan Yogyakarta dengan menawarkan keindahan hamparan pasir putih luas yang dihiasi dengan bebatuan. Setiap satu tahun sekali, di kawasan Pantai Wediombo ini sering diadakan suatu upacara tradisional yaitu upacara nelayan tradisional Ngalangi.

Dalam upacara Ngalangi ini, penduduk Wedi Ombo mengambil akar pohon yang disebut wawar dari Kedungdowok bukit dan secara bersama – sama mereka menarik akar pohon tersebut untuk di bawa menuju arah laut sebagai jaring ikan. Apabila Anda datang berkunjung pada musim yang tepat maka akan ada banyak landak laut dan kerang yang bisa dicari disekitar pesisir pantai.

7. Pantai Drini

Pantai Drini berada di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari Gunung Kidul, dengan jarak tempuh sekitar 1 km sebelah timur dari Pantai Sepanjang. Pantai Drini ini menawarkan keindahan pantinya yang terdapat pulau karang ditepian laut dan ada pula pohon – pohon yang tumbuh di bukit karang tersebut. Uniknya pohon – pohon yang tumbuh di bukit karang adalah jenis pohon yang dihindari oleh ular berbisa. Selain itu kawasan Pantai Drini juga merupakan area kawasan konservasi penyu. Hal ini dikarenakan setiap setahun sekali akan ada penyu yang bertelur di area Pantai Drini.

8. Pantai Ngrenehan

Lokasi dari Pantai Ngrenehan ini berada di area Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Gunungkidul. Pantai Ngerenahan ini juga lokasinya bersebalahan dengan Pantai Ngobaran. Dari kawasan Pantai Ngrenehan, para wisatawan dapat menikmati pemandangan pantai yang indah dan menyaksikan aktivitas para nelayan. Selain itu juga bisa menjajal kelezatan dari hidangan masakan seafood hasil tangkapan para nelayan.

9. Pantai Timang

Pantai Timang ini memiliki keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan pantai – pantai lainnya. Hal ini dikarenakan Pantai Timang menawarkan sensasi menegangkan dengan menaiki gondola tradisional menyeberangi tebing karang, dimana para pengunjungnya akan melewati laut Samudera Hindia.
Pada mulanya gondola tersebut digunakan oleh warga dan nelayan setempat untuk mencari lobster yang ada di Pulau Karang. Namun saat ini gondola tersebut sudah dijadikan sebagai wahana yang seru untuk dicoba, sayangnya harga untuk bisa naik gondola tersebut sangat mahal yaitu Rp 100.000,-/pengunjung

10. Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang ini menyuguhkan pemandangan hamparan pasir yang sangat panjang, dimana lokasi dari pantai ini juga hanya beberapa kilometer saja dari lokasi Pantai Sundak. Pantai Sepanjang lebih sering dijadikan sebagai spot untuk berselancar oleh para wisatawan.

Selain itu jika diperhatikan secara sekilas, Pantai Sepanjang ini mirip dengan Pantai Kuta yang ada di Bali. Suasana Pantai Sepanjang juga cukup tenang dan masih alami. Di sekitar lokasi Pantai Sepanjang terdapat kios yang menjual souvenir atau kerajinan hiasan kerang yang dapat dibeli sebagai oleh – oleh.

Komentar

Postingan Populer